Rabu, 23 Mei 2012

TIGA PILAR MASYRAKAT MADANI

Masyarakat madani, dua kata ini sudah sangat sering kita dengarkan baik dibangku kuliah maupun dalam wacana nasional yang disampaikan para pejabat Negara kita. Belakangan dua kata ini disarankan untuk menjadi sebuah konsep  kehidupan masyarakat secara nasional bahkan dunia. Tentunya kata ini mempunyai unsur nilai yang sangat besar sehingga untuk menjadi sebuah konseppun sangat layak. Disini penulis ingin sediki berbagi terkait pilar dari pasyarakat madani, yang coba dibatasi atas tiga pilar. Tapi sebelumnya mari kita lihat defenisi dari “masyarakat madani”.
masyarakat adalah sekolompok manusia yang teridri dari individu-individu dengan mendiami subuah lingkungan dan menciptakan atau membentuk sebuah kebudayaan yang kemudian menjadi sebuah ciri khas kehidupan masyarakat tersaebut. Madani sendiri merupakan asal kata yang sama dengan ad-din atau agama yang juga merupakan asal kata dari tamaddun yang berarti peradaban. Di samping itu, kata madani juga mempunyai akar yang sama dengan kata madinah yang berarti kota. Sehingga di sini ada keterkaitan antara agama (din), kota (madinah) dan peradaban (tamaddun).
Jadi dapat kita simpulkan masyarakat madani adalah sekelompok individu yang menghidupkan sebuah peradaban dengan berlandaskan agama. Dahulu masyarakat madani pernah hidup dalam tatanan masyarakat arab, yakni masyarakat yang dibangun oleh nabi di madinah yang sebelumnya dikenal dengan yastrib. Rujukan madani terhadap terhadap madinah karena madina memiliki toleran yang baik terhadap perbedaan, kepatuhan kepada hukum yang baik dengan kesepakatan bersama pada piagam madinah. Masyarakat madani dalam pandangan KAMMI merupakan suatu masyarakat yang jauh dari semangat otoriteranisme, dipenuhi dengan nilai-nilai keadilan, persamaan, kebebasan, dan kemerdekaan. Selanjutnya mari kita lihat pilar-pilar dari masyarakat madani:
1.      Aqidah dan sunnah
Dalam buku pendidkan islam karya Dr. Yusuf Al-Qardhwi  daikatan aspek aqidah merupakan bagian yang paling mendasar dan paling dalam pengaruhnya yang demikian dijadikan dasar dalam bertindak dan bertutur kata. Yang kemudian aqidah yang baik dapat membentuk sebuah masyarakat yang religius dan jauh dari aspek yang sia-sia (tidak bermanfaat). Berbicara soal aqidah kita tidak akan terlepas dari kata iman, dimana pengertian iman adalah suatu hal (positif) yang diyakini dengan hati, dibenarkan dengan perkataan dan dibuktikan dengan tindakan. Iman dalam Islam bukanlah semata-mata pengetahuan seperti pengetahuan para theologi dan ahli falsafah, bukan pula semata-mata perasaan jiwa yang menerawang seperti perasaan orang sufi dan bukan pula semata-mata ketekunan beribadat seperti ketekunan orang-orang zahid. Iman adalah kesatuan dari semua ini, tidak menyimpang dari kebenaran, tidak lalai dan tidak pula berlebih-lebihan, disertai kreativiti menyebarkan kebenaran dan kebaikan demi membimbing saudara kita menjadi lebih baik. Output dari aqidah yang benar adalah lahirnya generasi “rabbani”.
Sunnah adalah perangkat untuk menjalankan aqidah yang baik, dimana sunnah adalah contoh kehidupan yang ditawarkan oleh tokoh paling berpengaruh di muka bumi ini yakni Muhammad. Sunnah merupakan pedoman dalam melakukan aktivitas keseharian kita dengan tujuan agar aktivitas kita senantiasa bernialai ibadah. dengan ajaran yang sempurnah dan menyeluruh mancakup seluruh aspek kehidupan kita tanpa terkecuali mulai dari hal terkecil hingga mengatur ummat (pemerintahan) ajaran ini mengaturnya dengan jelas.
2.      Persaudaraan
Persaudaraan adalah kata yang mengadung makna kebersamaan, kepedulian, dan kekuatan yang merupakan output dari sebuah rasa persaudaraan.  Hasan Al-Banna mengatakan Persaudaraan adalah sama dengan iman, sedang perpecahan adalah sama dengan kufur. Serendah-rendah kekuatan adalah kekuatan persatuan, dan persatuan tidaklah akan terjelma tanpa kasih sayang. Serendah rendah kasih sayang adalah bersihnya hati dan setinggi-tinggi kasih sayang ialah mengutamakan orang lain.

Ada sebuah kisah dalam sebuah peperangan yang dipimpin Khalid Bin Walid yang terjadi disebuah Negara yang bernama Persia, ditengah peperangan itu pasukan yang dipimpin Khalid merasa kehausan ditambah lagi kondisi gurun pasir yang sulit menemukan sumber air, sebagian dari mereka sudah ada yang terbaring. Seketika salah seorang mengeluarkan sebotol air lalu dia memberikan kepada orang disampingnya, namun orang tadi tidak langsung minum tapi ia mendahulukan orang disampingnya begitupun orang selanjutnya ia mendahulukan orang disampingnya begitu seterusnya sampai botol air itu kembali kapada pemiliknya. Beginilah buah dari persaudaraan. Coba lihat apa yang terjadi pada kita saat ini segala perbedaan dijadikan masalah mulai dari perbedaan kecil seperti hobi sampai hanya perbedaan metode perjuangan dijadikan masalah, bahkan ada fenomena yang terjadi perbedaan manhaj saja membuat suatu kelompok harus menghalang-halangi kelompok lain untuk berbuat baik.

Untuk kawan-kawan yang mengaku kelompok intelek dan religious rasa persaudaraan itu harus kita ciptakan dan di bina, bukan menolong itu lebih baik dari pada menindas, bukankah member itu lebih baik dari pada melempar, jangan sampai kasih saying yang kau miliki hanya dirasakan oleh sedikit orang. Bahkan kepada orang yang membenci kitapun harus tetap tersenyum. Tanamkan kalimat ini dalam diri kalian “ Sebaik-baik manusia adalah manusia yang benyak bermanfaat bagi orang lain” Muhammad S.A.W.

3.      Kepemimpinan
Menurut Toha kepemimpinan merupakan kemampuan yang dimiliki oleh seseorang dalam hal mempengaruhi orang lain untuk agar supaya mereka mau diarahkan untuk mencapai tujuan tertentu. Sedangkan menurut Ngalim Purwanto (1991:26) Kepemimpinan adalah sekumpulan dari serangkaian kemampuan dan sifat-sifat kepribadian, termasuk didalamnya kewibawaan untuk dijadikan sebagai sarana dalam rangka meyakinkan yang dipimpinnya agar mereka mau dan dapat melaksanakan tugas-tugas yang dibebankan kepadanya dengan rela, penuh semangat, ada kegembiraan batin, serta merasa tidak terpaksa. Intinya kepemimpinan merupakan kemampuan untuk mempengaruhi orang lain, pertanyaan kemudian apa yang terjadi jika kepemimpinan tersebut digunakan untuk hal negatih, banyak kita jumpai orang-orang yang melakukan kejahatan yang terorganisir yang mereka juga memiliki pemimpin, bigitupun dengan korupsi dinegara ini yang juga mempunyai pemimpin.
     
      Mari kita lihat kepemimpinan seperti apa yang diinginkan untuk menciptakan nasyarakat madani. Rosulullah bersabda dalam haditsnya ada tujuh kelompok orang yang akan mendapat naungan dari Allah, disaat tidak ada naungan kecuali naungan Allah Swt. Yang pertama dari ketujuh golongan tersebut yaitu pemimpin yang adil. Adapun sifat-sifat kepemimpinan ideal yang kita inginkan ada adalah:

1.      Karakter Visioner.
Visi suatu organisasi atau visi hidup seseorang seperti mercusuar yang menyorotkan lampu untuk menunjuk arah kemana suatu kapal akan menuju. Seperti itu jugalah visi yang terkandung pada diri seorang pemimpin, visi yang jelas akan menjadi sumber motivasi yang besar baginya untuk mendesain dan menentukan langkah-langkah yang tepat menuju tujuan tersebut. Kejelasan visi seorang pemimpin akan mampu mengarahkan seluruh potensi bangsa yang sedang kebingungan mencari arah. Visi yang jelas akan mampu membuat bagsa ini lebih mampu menentukan sikapnya tentang hal yang akan dikontribusikan bagi pencapaian visi tersebut.
Dalam konteks keindonesiaan, sosok kepemimpinan tersebut harus memiliki kapasitas intelektual memadai dan menguasai kondisi makro nasional dari berbagai aspeknya, sehingga dapat menyelesaikan agenda perubahan yang dicita-citakan. Pengetahuan yang kuat akan kondisi politik, ekonomi, sosial dan budaya bangsa sangat penting, agar sikap-sikap dan langkah-langkah yang diambil dalam menegakkan cita-cita yang diinginkan dapat sesuai serta tidak bertentangan dengan realitas masyarakat indonesia. Agar peran dan sikap-sikap kepemimpinan yang dijalankan di masa depan tidak menyebabkan luka bagi masyarakat. Sifat ini telah tersirat dalam karakter muslim negarawan yang diusung oleh KAMMI point pertama dan kedua yaitu Memiliki Basis Ideologi Islam yang Mengakar dan Memiliki Basis Pengetahuan dan Pemikiran yang Mapan.

2.      Karakter Pelayan.
Kepimimpinan pada dasarnya adalah investasi jangka panjang. Kepemimpinan terhadap masyarakat tidak serta merta hadir begitu saja, Karena ia selama dibangun dari kontribusi-kontribusi kebaikan di masa lalu. Sifat ini, menunjukan karakter kader sebagai pekerja yang tekun dan taat pada proses perencanaan yang sudah dicita-citakan oleh KAMMI, menguasai detil masalah-masalah inti kebangsaan dan mampu melibatkan semua elemen yang kompeten sebagai tim kerja yang solid.
Begitulah sejarah kepemimpinan yang pernah dicontohkan oleh Rasulullah SAW. Aspek trust, kepercayaan, dengan gelar Al Amin yang diperolehnya di usia muda menjadi modal sosial yang sangat berharga bagi peran-peran kenabian yang beliau lakukan. Karena masa transisi adalah masa yang sangat rawan bagi terjadinya perpecahan sehingga karakter ini sangat dibutuhkan untuk dapat menciptakan solidaritas yang kuat antara berbagai elemen bangsa untuk bersama-sama bekerja mendesain Indonesia yang lebih baik.
Cara pandang yang terbaik dalam memandang bangsa ini adalah bahwa negeri ini adalah satu kesatuan yang utuh, yang tidak dapat dipisahkan oleh keragaman kehidupan masyarakatnya. Keragaman bukanlah hal yang harus menyebabkan perpecahan, tetapi keragaman adalah potensi yang bisa didayagunakan untuk kemanfaatan bagi bangsa secara keseluruhan. Bangsa ini, dengan masyarakatnya haruslah dapat dijadikan sebagai objek sekaligus sebagai subjek pembangunan, dengan partisipasi total seluruh masyarakatnya.
Sifat ini telah tersirat dalam karakter muslim negarawan point ketiga dan keempat, idealis dan konsisten berkotribusi pada pemecahan permasalahan umat dan bangsa.

3.      Karakter Pembina
Karakter ini akan terbangun dari integritas kepribadian yang kuat dari seorang pemimpin. Integritas kepribadian yang kuat, tonggak pemikiran yang kokoh akan menjadi modal utama untuk membangun kepercayaan masyarakat, dan menjadi rujukan semua pihak dalam perencanaan masalah bangsa, yang setia dengan nilai-nilai dasar bangsa dan menjadi teladan bagi kehidupan bermasyarakat secara komprehensif. Salah satu masalah besar bangsa ini adalah ketiadaan keteladanan para pemimpinannya. Nilai-nilai moralitas yang kuat sudah tidak kita temukan. Kredibilitas moral akan menjadi salah satu kunci pengaruh seorang kader terhadap masyarakat. Dan sifat ini telah tersirat dalam karakter muslim negarawan point kelima, menjadi perekat komponen bangsa sebagai upaya perbaikan. Wallahualam

2 komentar:

  1. Kepada Yth
    PERUSAHAAN
    Di
    Tempat
    Up. Bag. Purchasing / Pengurus Tender
    Hal : Penawaran Penerbitan Jaminan Bank Garansi, Surety Bond & SP2D

    Dengan Hormat,
    Terlebih dahulu Perkenalkan Kami dari PT. RUFI BUANA SEJAHTERA ,dimana perusahaan kami telah resmi ditunjuk sejak tahun 1997 untuk memasarkan penerbitan BANK GARANSI dan SURETY BOND, dan Bank Garansi maupun Surety Bond yang Kami terbitkan telah diterima di lingkungan instansi BUMN, BUMD, BUMS, KPS, OIL& GAS,MABES TNI-POLRI,PERTAMINA, CHEVRON, CONOCO PHILIPS, STAR ENERGY DLL, Kami juga memberikan prosedure yang relative mudah yaitu TANPA AGUNAN (NON COLLATERAL) untuk semua jenis jaminan, serta proses cepat dan polis jaminan kami antar langsung ke perusahaaan bapak/ibu.

    Adapun List Bank & Asuransi Penerbit yang kami tawarkan adalah sebagai berikut :
    Bank Penerbit Di antaranya:
    * Bank Mandiri
    * Bank BRI
    * Bank BNI
    * Bank BTN
    * Bank BCA
    * Bank BII
    * Bank BUKOPIN
    * Bank EXIM
    * Bank BPD DKI
    * Bank BPD JATIM
    * Bank BPD SUMSEL
    * Bank BPD JABAR, dll…..

    Asuransi Penerbit Di antaranya :
    • PT. Asuransi ASKRINDO
    • PT.Asuransi JASINDO
    • PT.Asuransi ASEI
    • PT.Asuransi SINARMAS
    • PT.Asuransi JAMKRINDO
    • PT.Asuransi ASKRIDA
    • PT.Asuransi BUMIDA
    • PT.Asuransi ACA
    • PT.Asuransi MEGA PRATAMA
    • PT.Asuransi BOSOWA PERISKOP
    • PT.Asuransi RAYA
    • PT.Asuransi BERDIKARI
    • PT.Asuransi RAMAYANA
    * PT.Asuransi REKAPITAL Dll…

    Jenis Jaminan
    Jaminan Penawaran ( BID BOND )
    Jaminan Pelaksanaan (PERFORMANCE BOND )
    Jaminan Uang Muka ( ADVANCE PAYMENT BOND )
    Jaminan Pemeliharaan ( MAINTENANCE BOND )

    Harapan kami, penawaran ini dapat terwujud dalam bentuk kerjasama yang baik, sehingga dapat berkesinambungan di masa yang akan datang.
    Jika perusahaan bapak/ Ibu berminat kami siap membantu yang terbaik .
    Demikian surat penawaran ini kami tawarkan, sambil menunggu jawaban dari perusahaan Bapak/Ibu,
    besar harapan kami kiranya bapak/ ibu bisa melihatnya di lampiran penawaran yang sudah saya kirim ke perusahaan Bapak / Ibu.
    Semoga ini langkah awal kita untuk menjalin kerjasama yang baik trimakasih.

    Salam dan Hormat kami
    PT. RUFI BUANA SEJAHTERA
    Consultan Bank Garansi Dan Surety Bond
    Office: Ruko Crown Palace Blok D No.15 , Tebet, Jakarta Selatan
    Workshop : Jl. Jeruk No.2B Utan Kayu Utara Jakarta Timur
    Telpon : (021) 8591 4184, Fax: 8591 6817
    Dear :
    YUDHA ALRASYID.S.E
    0812 9641 8022
    Email : yudhaalrasyid.ptrbs@gmail.com



    BalasHapus
  2. Harrah's Lake Tahoe - Mapyro
    Harrah's Lake Tahoe. Stateline. Directions. Directions. Casino. 15 Highway 50, 삼척 출장안마 Stateline, 경산 출장샵 NV 89449. 평택 출장안마 Map. Map of Harrah's Lake Tahoe 사천 출장마사지 - 안동 출장마사지 Stateline, NV 89449.

    BalasHapus